Apa yang akan Terjadi pada Tubuh setelah Minum Air Soda?

gambar tersebut menyebutkan efek mengkonsumsi air soda pada tubuh gambar tersebut menyebutkan efek mengkonsumsi air soda pada tubuh

Apa yang akan Terjadi pada Tubuh setelah Minum Air Soda?

Saat ini varian rasa air soda sudah semakin banyak dan berbeda-beda untuk setiap mereknya. Begitupun dengan para penggemarnya, mulai dari anak kecil sampai usia lanjut juga sudah sering mengkonsumsi minuman ini dengan alasan menyukai rasa dari airnya. Menurut hellosehat, rata-rata orang yang mengkonsumsi minuman bersoda ini sekitar 9,5 galon/orang di tahun 1997. Kemudian mengalami peningkatan menjadi 11,4 galon/orang di tahun 2020. Hal ini tentu saja menunjukan bahwasannya minuman bersoda setiap tahunnya semakin banyak disuka oleh orang-orang di dunia ini.

Memang sudah ada banyak penelitian yang menyatakan kalau kita terbiasa minum air soda, maka setelahnya akan menyimpan dampak buruk bagi kesehatan. Diantaranya : terkena obesitas ! Dimana jika obesitas ini resikonya masuk skala tinggi, ujung-ujungnya akan menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti jantung koroner - diabetes melitus - ginjal - dan lain sebagainya. Setelah tahu akan hal ini, apakah kalian tidak penasaran ? apa yang sebenarnya akan terjadi pada tubuh kita setelah mengkonsumsi minum-minuman bersoda ?...

Dampak Meminum Air Soda dalam Hitungan Menit

Baik itu sedikit atau bahkan banyak sekalipun, minum air soda ini tidak terlalu baik untuk bisa dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh kita. Sebab, nantinya akan menimbulkan berbagai macam dampak. Untuk dampaknya sendiri tidak langsung terjadi, namun akan muncul dalam hitungan beberapa menit setelah kalian minum minuman bersoda. Berikut ini adalah beberapa dampak yang dapat kalian ketahui :

#1. Dampak 10 Menit Pertama Setelah Minum Air Soda

Biasanya satu kaleng minuman bersoda, memiliki 10 sampai dengan 15 sdk teh gula yang mana itu sama saja dengan 160 hingga 240 kalori. Jumlah gula dari satu kaleng minuman yang telah kalian dapatkan, telah masuk ke dalam jumlah kebutuhan gula dalam satu harinya. Bahkan, jumlah ini dinilai melebihi kebutuhan kalian. Nah 10 menit pertama, beberapa di antara kalian akan merasa adanya mual berkat gula yang menimbulkan satu rasa yakni manis di mulut.

#2. Dampak 20 Menit Kemudian, Meningkatnya Gula Darah

Jumlah gula yang terhitung banyak dan besar ini, bisa mempengaruhi kadar gula dalam darah. Masuk 20 menit kemudian, gula darah kalian akan meningkat begitu cepat. Hal inilah yang mampu menyebabkan adanya suatu peningkatan terhadap produksi hormon insulin di dalam tubuh untuk merespon gula yang terkesan begitu tinggi.

Akan tetapi, peningkatan ini tidak hanya dihasilkan akibat kalian meminum air soda saja, namun makanan yang terlalu banyak mengandung gula juga bisa membantu peningkatan gula darah ini terjadi begitu cepatnya. Sehingga, pada akhirnya gula darah langsung terakumulasi dan menyebabkan terjadinya resistensi hormon insulin. Pada saat hormon tersebut mengalami resisten, maka kalian kemungkinannya akan mengalami resiko terkenanya diabetes melitus tipe 2. Kadar gula yang terhitung banyak akan mengalami pengubahan oleh insulin menjadi cadangan lemak di dalam tubuh. So, beberapa hari kedepan mungkin saja kalian akan mengalami peningkatan berat badan yang cukup drastis.

#3. Dampak 40 Menit Setelahnya, Hipertensi Terjadi

Dalam kurun waktu 40 menit, maka kafein yang terkandung di dalam minuman bersoda sudah masuk dan diserap secara menyeluruh oleh tubuh. Hal ini lantas saja mampu menjadi penyebab atas pupil mata yang membesar, dan bisa meningkatkan tekanan darah secara drastis ( hipertensi ). Lalu, kondisinya akan diiringi oleh munculnya respon tubuh untuk bisa mengatasi tekanan darah tinggi yang tiba-tiba meningkat. Namanya adalah Adenosin, ini merupakan zat penerima sinyal yang berada di otak dan sudah ditekan oleh tubuh agar bisa mencegah kelelahan akibat peningkatan ini.

#4. Dampak 45 Menit Kemudian, Muncul Rasa Nagih atau Kecanduan

Selanjutnya, tubuh akan memproduksi adanya hormon dopamin yang mana biasanya bisa menciptakan rasa kecanduan dan rasa senang. Dampak ini sebenarnya hampir sama saja dengan dampak yang sudah dihasilkan ketika kalian mengkonsumsi heroin. Rasa senang ini pada akhirnya akan menyebabkan kalian kecanduan untuk terus minum air soda lagi dan lagi !

#5. Gangguan Pencernaan & Penyerapan Gizi Terjadi di Menit 60

Asam Fosfor sudah menjadi zat yang ada di dalam kandungan minuman bersoda, dimana zat ini mampu meningkatkan Kalsium - Magnesium - serta Seng di dalam usu. Hal tersebut akan terjadi dalam rentang waktu 1 jam saja. Ketiga zat ini akan mempengaruhi metabolisme dari zat gizi lain di dalam tubuh, sehingga ketika jumlahnya berkurang di dalam tubuh, maka nantinya bisa menyebabkan gangguan terhadap pencernaan maupun penyerapan zat gizi. Tak hanya itu saja, akibat minum air soda nantinya kalian akan jauh lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini memang disebabkan oleh soda yang memiliki kandungan gula tinggi, sehingga mengganggu penyerapan air di dalam ginjal. Nah, pada saat buang air kecil itu juga semua zat yang telah kita sebutkan tadi akan terbuang akibat ikatan daripada asam fosfor itu sendiri.

Kesimpulannya adalah lebih baik untuk banyak-banyak minum air putih daripada air berasa seperti soda. Sesekali memang diperbolehkan, namun harus diperhitungkan juga ya sebelumnya. Apakah asupan gula kalian di hari itu sudah pas atau belum, agar kiranya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang berbahaya.