breaking news New

FAKTA UNIK MENGENAI DANAU TOBA YANG MELEGENDA

Yuk simak beberapa fakta mengenai Danau Toba di bawah ini.
1. Danau Vulkanik Terbesar
Menurut para ilmuwan, Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar yang pernah ada. Danau Toba dipercaya terbentuk akibat dari erupsi hebat Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Para ilmuwan dari NASA (organisasi luar angkasa Amerika Serikat) mempercayai bahwa pada saat Gunung Toba meletus, sekitar 60% makhluk hidup di bumi musnah. Danau Toba yang terletak di tengah pulau Sumatera Utara ini memiliki panjang 100 km dengan lebar 30 km dan kedalaman 505 meter. Hal ini yang membuat Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia.

2. Legenda Mengenai Danau Toba
Danau Toba tidak terlepas dari dongeng atau legenda yang berkembang di masyarakat. Menurut cerita masyarakat sekitar, dahulu kala ada sepasang suami istri yang memiliki anak bernama Samosir. Pada suatu hari, sang bapak yang bernama Toba sedang marah ke Samosir dan tidak sengaja memberi tahu bahwa Samosir sebenarnya adalah anak dari seekor ikan. Samosir terkejut dan mengadu ke ibunya. Hal ini membuat sang ibu sangat sedih karena suaminya melanggar janji untuk tidak memberi tahu asal usul sang anak yang ternyata berasal dari seekor ikan. Sambil berpegangan tangan, Samosir dan ibunya menghilang dalam sekejap.

Lalu dari bekas pijakan kaki Samosir, keluarlah air yang sangat deras hingga menggenangi wilayah di sekitarnya. Saking banyaknya air, genangan ini menjadi sebuah danau. Hingga sekarang, danau itu yang disebut Danau Toba dan pulau yang di tengahnya bernama Pulau Samosir.

3. Menikmati Pesona Danau Toba
Keindahan alam Danau Toba tentu tidak perlu diragukan lagi. Kamu dapat menikmati keindahan Danau Toba dengan kendaraan darat maupun laut. Jika kamu ingin mengitari Pulau Samosir dan Danau Toba, kamu bisa menyewa kapal wisata yang mempunyai bentuk unik berupa rumah adat Batak. Selain itu, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata lainnya seperti Batu Gantung, rumah pengasingan Bung Karno dan juga air terjun Situmurun, jika kamu memilih menggunakan kapal laut.

Namun bagi kamu yang memilih menggunakan transportasi darat, kamu bisa menyewa motor di sana sambil mengunjungi tempat wisata yang ada di Pulau Samosir dan sekitaran Danau Toba. Tidak hanya menikmati indahnya Danau, ada beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi seperti pemandian air panas Pangururan, Kampung Adat Simanindo, Batu Persidangan Siallagan dan masih banyak lagi.