breaking news New

Intip 3 Negara di Asia dengan 3 Salad Khasnya

Salah satu makanan yang memiliki nutrisi tinggi, menyehatkan untuk tubuh, dan menyegarkan adalah salad. Salad di setiap negara tentunya berbeda beda, namun tenang saja karena setiap negara menawarkan salad yang sangat spesial dan dijamin kamu akan menyukainya.

Salad khas dari setiap negara di Asia juga patut kamu coba. Dengan sayur sayuran yang berbeda dan cara pengolahan yang berbeda, kamu tetap bisa menikmatinya kapanpun dimanapun. Semua salad yang dibuat oleh masing-masing negara dijamin akan membuatmu tergiur.

Nah, intip yuk 3 negara di Asia dengan 3 salad khas yang bisa kamu cicipi atau jadi inspirasi untuk membuatnya sendiri di rumah.

1. Kerabu, Malaysia

Salad khas Malaysia ini dikenal sebagai Kerabu, serta dianggap menjadi salah satu sajian andalan dari Melayu dan Peranakan. Kerabu terdiri dari tauge, mentimun, dan irisan mangga hijau yang hampir matang, kemudian disiram dengan gula, cabai, dan saus air jeruk nipis. Bahan-bahan itulah yang membuat makanan ini terasa sangat menyegarkan dan menggugah selera.

Kerabu juga biasanya ditambahkan dengan terasi atau pasta udang panggang agar terasa lebih pedas dan menambah nafsu makan. Kalau kamu sedang di Malaysia, tidak ada salahnya untuk mencicipi salad yang satu ini.

2. Tea Leaf Salad, Myanmar

Salad Asia yang perlu kamu cicipi selanjutnya adalah Tea Leaf Salad. Salad ini berasal dari negara Myanmar dengan nama local Laphet Thoke. Makanan ini diolah dari daun teh Assam yang kemudian difermentasikan, dan dikemas dalam kotak kotak beton, lalu disimpan di bawah tanah selama berbulan bulan atau bahkan bertahun tahun. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk salad ini.

Biasanya warga Myanmar menyantap makanan ini di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah menyelesaikan makan malam. Salad ini dihidangkan dengan ikan dan saus jeruk nipis, serta ditambahkan Kembali dengan bawang putih goreng, kacang tanah, biji bunga matahari, dan kacang polong.

3. Larb, Laos

Salad khas Laos ini dikenal sebagai Larb yang terbuat dari olahan daging ayam, domba, ataupun sapi. Daging tersebut akan dibumbui dengan perasan jeruk nipis, kecap ikan, beras tumbuk, bumbu kaldu ikan yang sudah difermentasi, serta rempah rempah lainnya. Tidak hanya itu, Larb juga biasa dihidangkan dengan sayur sayuran segar atau ketan sehingga seringkali Larb disebut juga sebagai salad daging.


Itulah beberapa salad dari berbagai negara di Asia. Kalau kamu sedang berkunjung ke negara negara tersebut, jangan lupa untuk mencicipi salad salad di atas ya! Dan tenang saja, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan bahan yang juga mudah ditemukan dimana mana. Selamat mencoba!