Kenali, Ini Dia 7 Manfaar Air Purifier Bagi Kesehatan

gambar tersebut menyebutkan manfaat air purifier gambar tersebut menyebutkan manfaat air purifier

Kenali, Ini Dia 7 Manfaar Air Purifier Bagi Kesehatan

Air purifier merupakan sebuah alat yang dapat membersihkan udara di dalam ruangan. Banyak fungsi air purifier yang sangat berguna bagi Anda, khususnya jika memiliki anak kecil di rumah.

Menggunakan air purifier juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Apa saja fungsi dari air purifier? Simak ulasannya dalam artikel kami berikut ini!

Ragam Manfaat Air Purifier Bagi Kesehatan Tubuh

Pada bagian dalam air purifier, terdapat filter untuk menyaring udara. Kegunaan dari filter tersebut dapat mengubah udara yang mulanya kotor menjadi udara yang lebih bersih. Manfaatnya sendiri yaitu:

  1. Meminimalisir Risiko Penularan Penyakit

Dengan manfaat air purifier yang dapat mengubah udara menjadi lebih bersih, maka jumlah virus dan bakteri yang ada di rumah Anda akan berkurang. Penyakit dapat tertular melalui udara, salah satunya penyakit flu.

Adanya air purifier dapat membantu menyaring virus dan bakteri penyebab penyakit. Jadi peluang penularan penyakit menjadi berkurang dengan adanya air purifier.

  1. Menurunkan Kadar Zat Kimia Berbahaya di Ruangan

Selain jalanan atau ruang terbuka, polusi juga dapat ditemukan di dalam rumah. Menurut situs lembaga pemerhati lingkungan EPA (Environmental Protection Agency), polusi di dalam ruangan dapat muncul dari partikel maupun gas yang berasal dari furnitur rumah dan material.

Contohnya seperti lantai, karpet, asbes, dan kayu furniture. Bentuknya yang tidak terlihat membuat polusi rumah berbahaya untuk kesehatan Anda. Dengan menggunakan air purifier, dapat melindungi dan menyingkirkan polusi dari dalam rumah.

  1. Mengurangi Jamur

Manfaat air purifier yang ketiga yaitu, dapat memberantas jamur yang menjadi sumber penyakit. Selain dari partikel pada peralatan rumah tangga, ternyata alergen dan spora jamur dapat menyebar di udara.

Zat tersebut berisiko memicu alergi kambuh, dan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda jika dibiarkan. Anda dapat mencoba menggunakan air purifier untuk mengurangi perkembangan jamur di rumah.

  1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Tidak hanya menyaring virus dan bakteri, Anda dapat menggunakan air purifier untuk mengurangi aroma tidak sedap yang ada di dalam ruangan. Filter atau fitur penyaring yang ada di alat ini dapat menyaring bau dan asap rokok yang membekas di ruangan.

Jika Anda memiliki anggota keluarga perokok, Anda dapat menggunakan air purifier sebagai solusi penghilang bau asap rokok. Jadi Anda tidak perlu khawatir bau tidak sedap muncul di dalam ruangan rumah.

  1. Meringankan Gejala Asma

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit asma, air purifier dapat menjadi salah satu solusinya. Sebab, asma yang kambuh dapat dipicu dari kualitas udara yang buruk.

Memasang air purifier dapat memberikan kualitas udara yang baik, sehingga gejala asma dapat berkurang. Selain itu, dengan alat ini dapat mengurangi penyebaran polusi udara yang terdapat di dalam rumah seperti karbon monoksida, debu, dan lain sebagainya.

  1. Mencegah Penyakit Paru

Dengan manfaat air purifier yang dapat menyaring udara menjadi lebih baik, maka paru-paru Anda akan lebih sehat. Seperti terbebas dari asap rokok, debu, bahkan gas radon.

Gas radon dihasilkan dari kombinasi alami uranium dari dalam tanah, air, dan batuan. Gas ini ditemukan di rumah, maupun bangunan lain yang masuk melalui celah dari lantai dan dinding, lubang pembuangan, dan lain sebagainya. Jika Anda menghirup gas radon terus menerus, dapat memicu kanker paru-paru.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda menghirup udara yang lebih bersih, dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Hal ini karena salah satu fungsi dari air purifier yang dapat menyaring bakteri, debu, dan polusi udara lainnya, membuat tidur Anda tidak terganggu.

Kurangnya waktu tidur dapat membuat kegiatan Anda di keesokan hari menjadi terhambat. Maka sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kualitas tidur kurang baik menggunakan air purifier.

Perlu dicatat, air purifier berbeda dengan Air Conditioner (AC), karena tidak mengeluarkan udara yang dingin, namun mengeluarkan udara segar dan bebas dari kotoran. Apalagi saat ini tersedia beragam jenis air purifier, jadi pastikan Anda membeli sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Adapun sebelum membeli sebaiknya cari tahu dulu mengenai jenis yang ada sekaligus harganya.