breaking news New

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi gambar bawang putih untuk kesehatan tubuh. Ilustrasi gambar bawang putih untuk kesehatan tubuh.

Tahukah kamu bawang putih merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin yaitu Allium Sativum. Selain bahan dasar untuk masakan bawang putih memiliki banyak khasiatnya karena memiliki kandungan senyawa aktif s-allyl cysteine dan diallyl disulfide. Ketika kamu mengkonsumsi bawang putih, maka zat-zat sulfur yang keluar dari bau bawang putih akan bereaksi membentuk kandungan allicin yang berguna bagi tubuh. Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber :

1. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu mencegah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Hal tersebut berdasarkan jurnal penelitian yang pernah dipublikasikan oleh Journal of Postgraduate Medicine yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sekitar 10 gram atau 1 sampai 2 siung bawang putih setiap hari berturut-turut selama sebulan dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalian bisa menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengkonsumsi bawang putih mentah. Karena bawang putih ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat mencegah terbentuknya enzim pada organ hati yang biasanya menjadi penyebab kadar kolesterol dalam tubuh. Ternyata kandungan diallyl trisulfide dalam bawang putih juga dapat membantu melindungi jantung bagi orang yang pernah mengalami serangan jantung atau setelah bedah jantung dan orang yang pernah mengalami penanganan gagal jantung. Kemasyhuran manfaat bawang putih sebenarnya belum banyak penelitian yang membuktikannya dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Menangkal Pilek, Batuk, Dan Radang

Mengkonsumsi bawang putih di pagi hari ternyata dapat menjadi obat alami untuk memperkuat kekebalan tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, radang tenggorokan, dan batuk. Kandungan diallyl sulfide-nya juga dapat membantu melawan bakteri dalam tubuh. Hal tersebut berdasarkan penelitian dari Advances in Therapy yang menyatakan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih memiliki resiko terkena pilek lebih rendah dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi obat placebo. Clinical Nutrition juga pernah menunjukan penelitiannya yang membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi potensi terkena flu yang merupakan gangguan penyakit yang paling mudah dialami manusia.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ada yang pernah melakukan penelitian pada hewan yang menunjukan bahwa bawang putih dapat meminimalkan pengeroposan tulang terutama meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Selain itu ada pula studi pada wanita menopause yang mengungkapkan bahwa bawang putih mentah dapat menurunkan tanda defisiensi estrogen yang dapat menyebabkan gangguan tulang. Manfaat tersebut bisa kalian rasakan jika mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Jadi makan bawang putih mentah sosok untuk dikonsumsi bagi penderita osteoporosis yang mampu memberikan efek yang baik bagi tulang.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Manfaat makan bawang putih mentah yang sangat fenomenal adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung dan kanker usus besar. National Cancer Institute bahkan merekomendasi untuk mengkonsumsi bawang putih mentah dibandingkan suplemen diet bawang putih. Mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena kanker paru dengan persentase 40 persen. Bawang putih juga bisa mengurangi risiko kanker prostat dengan kandungan antioksidannya yang mampu menangkal racun dan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga mampu memperbaiki DNA yang rusak akibat kanker prostat.

6. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat makan bawang putih mentah untuk meningkatkan kesuburan pernah dikemukakan oleh Journal of Herbmed Pharmacology. Riset tersebut mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki kadar testosterone dan struktur testicular yang menyebabkan kualitas sperma menjadi lebih baik. Riset ini memang belum dilakukan secara lebih lanjut tentang manfaat bawang putih untuk mengefektifkan kesuburan seseorang.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengkonsumsi bawang putih mentah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Berdasarkan penelitian dari Universitas Missouri menyatakan bahwa kandungan karbohidrat ruAng yang ada di bawang putih dapat melindungi sel-sel otak dari efek penuaan dan penyakit. Kandungan tersebut dapat mengurangi kadar oksida nitrat di sel mikroglia otak saat melawan peradangan dan stres oksidatif.

Dalam otak, sel mikroglia bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf, namun bisa melawan peradangan jika semakin banyak memproduksi oksida nitrat yang bisa menyebabkan kerusakan sel otak. Nah itulah sebabnya kandungan FruArg dalam bawang putih dapat memperbanyak sel mikroglia tanpa mengakibatkan kadar oksida nitrat meningkat dalam otak. Jadi mengkonsumsi bawang putih mentah bisa menjaga kesehatan sel-sel otak.

Itulah manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh, konsumsi secara rutin dan tidak berlebihan supaya mendapatkan khasiatnya. Semoga bermanfaat !