12 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Di Jabodetabek Dijamin Memuaskan


Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Jabodetabek – Indonesia merupakan salah satu negara dengan begitu banyaknya provinsi yang sekaligus memiliki ciri khas untuk kuliner dari masing masing provinsi tersebut. Kita sebagai warga negara Indonesia sendiri terkadang belum pernah sama sekali untuk mencoba semua, walaupun kita tidak harus pergi ke provinsi tersebut untuk mencoba kuliner ciri khas nya, di Jakarta ini sudah banyak sekali tempat tempat makan atau wisata kuliner yang menyajikan berbagai macam jenis makanan yang bervariasi untuk dicicipi. Karena di negara kita masih suasana pandemi, untuk kita pergi wisata kuliner pun masih terkendala oleh situasi. Namun sekarang ini tidak sudah seperti awal awal pandemi yang mengharuskan kita benar benar tidak boleh keluar kemana mana atau isolasi mandiri, sekarang pemerintah sudah agak mengendurkan peraturan bagi warganya untuk bisa merasakan lagi suasana sebelum masa pandemi.

Dan wisata kuliner inilah kegiatan yang paling kita tunggu dan rindukan selama masa pandemi berlangsung, dengan sudah longgarnya peraturan dari pemerintah sekarang ini, maka kita sudah bisa berkunjung ke tempat tempat kuliner favorit kita masing masing.

Disini saya akan merekomendasikan beberapa tempat wisata kuliner yang patut untuk kalian kunjungi saat ini bersama orang orang terdekat maupun teman kalian. Tapi perlu diingat, walaupun sudah diperbolehkan oleh pemerintah untuk keluar berwisata kuliner, tetapi tetap kalian masih dianjurkan untuk menjaga jarak di tempat makan.

Nah buat kalian yang ingin mengobati rasa rindu dan akan merencanakan pergi ke destinasi kuliner pada masa pasca pandemi ini, berikut ini ulasan beberapa wisata kuliner baik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang recomended untuk dikunjungi.

Berikut Rekomendasi Wisata Kuliner Yang Ada Di JABODETABEK

1. Kawasan Glodok di Jakarta

Glodok
Glodok

Kawasan Glodok sudah ada sejak lama yang berada di Jakarta, sering disebut juga sebagai Chinatown. Disini banyak sekali orang yang berjualan mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, cemilan, bahkan ada pasar juga. Kalau kalian datang kemari mau mencari apa saja pasti ketemu, dan yang pasti para pedagang ini menjual dengan harga yang murah dan terjangkau oleh kantong kita. Bila datang tahun baru China atau Imlek di kawasan Glodok menjadi sangat ramai, karena akan banyak sekali pedagang kaki lima atau yang mempunya toko banyak yang menjual aksesoris untuk hari raya Imlek tersebut. Untuk wisata kuliner nya sendiri, kawasan glodok ini menyediakan berbagai macam jenis kuliner yang bisa kalian coba, mulai dari soto tangkar, nasi gudeg khas yogyakarta, bakso, mie ayam sampai kuliner legendaris yang sudah berdiri di sana sejak lama sebut saja gado gado Direksi yang sudah ada sejak tahun 1967, tidak ketinggalan juga kalian bisa mencicipi Es Kopi Tak Kie yang juga sudah melegenda.

2. Jalan Suryakencana di Bogor

Jalan Suryakencana
Jalan Suryakencana

Dari Jakarta kita ke Bogor yang merupakan kota hujan, kalau kalian berkunjung ke Bogor jangan lupa untuk mampir ke jalan Suryakencana yang kalau di jakarta mirip dengan kawasan Glodok.

Disini kalian bisa mencicipi makanan lumpia basah di kedai lumpia basah Gang Aut, kuliner ini salah satu yang paling lama berjualan, sudah sejak dari tahun 1972. Setelah kalian sudah mencicipi lumpia basah gang aut, kalian bisa lanjutkan mengisi perut kalian dengan mencicipi Laksa Bogor yang terkenal akan kelezatannya. di dalam laksa itu kalian akan disajikan dengan ketupat yang dipotong dicampur dengan bihun, tahu, telur serta oncom. Bila kalian ingin mencari makanan yang ringan ringan, kalian bisa datang ke Kanung Bogor untuk mencicipi roti ronde yang khas bogor, disini juga kalian bisa menemukan dodol arab dan cemilan kue kue basah seperti risol dan pastel. Setelah kenyang menyantap kuliner itu semua kalian bisa mencicipi minuman yang segar seperti es cincau kelapa yang di jual di kaki lima terdekat.

3. Jalan Margonda, Depok

Ayam Bakar Christina
Ayam Bakar Christina

Salah satu kuliner legenda di depok yang sudah berjualan dari tahun 1986, yaitu kuliner Terkenal Ayam Bakar Christina. Selain kuliner ini kalian juga bisa mencari berbagai macam kuliner lezat lainnya di Depok seperti Rumah Lobster untuk yang suka makan seafood kalian bisa mencicipi kuliner seafood seperti Lobster, Udang, Cumi dan Kerang. Bagi yang tidak suka dengan seafood, bisa mendatangi restoran simpang raya, disini kalian akan bisa mencicipi makanan seperti rendang, gulai, ikan asam dan gulai cumi.

4. Pasar Lama di Tangerang

Formaggio Coffee & Resto
Formaggio Coffee & Resto

Mari kita beralih ke kota Tangerang, di sini kalian akan mengunjungi yang nama nya pasar lama, pasar ini berada tidak jauh dari stasiun Tangerang Kota. Tidak perlu naik kendaraan umum untuk menikmati berbagai macam kuliner, lebih asik kalau kalian berjalan kaki sambil membeli berbagai macam jajanan yang ada di pinggir jalan. Untuk mengisi perut yang kosong setibanya disana, kalian bisa langsung datang ke Rumah makan sate ayam Pak Haji Ishak, rumah makan ini dari tahun 1954 sudah berjualan di Kota Tangerang ini, sate nya terkenal akan tekstur yang empuk dan bumbu kacangnya yang gurih. Untuk cuci mulut kalian bisa mencicipi serabi hijau dengan varian rasa durian serta pandan. Bila malam tiba, kalian bisa bersama sama dengan orang tercinta atau teman kalian datang ke Formaggio Coffee and Resto. Bila masih ingin makan, kalian bisa memesan ayam geprek ala ala Formaggio.

5. Kawasan Stasiun Bekasi

Rumah Makan Ponyo
Rumah Makan Ponyo

Di sini kalian bisa menikmati hidangan khas sunda di rumah makan PONYO Resto, di rumah makan ini mempunyai menu andalan yaitu ayam goreng nya, paket timbel dan liwet komplit, serta ada  sop buntut, untuk minuman tersedia es kopyor. Di kaki lima sendiri kalian juga bisa mendapatkan kuliner kaki lima yang tidak kalah dengan rumah makan seperti pempek Gaby yang terkenal sampai pondok bakso super dan juga mie ayam yang merupakan langganan pengguna KRL.

6. Sate Tulang Eldorado

Sate Tulang
Sate Tulang

Destinasi wisata kuliner berikutnya ada di Jakarta yang bisa dibilang sangat rekomendasi untuk kalian datangi yaitu sate tulang Eldorado. Dari namanya menu sate ini bukan dari daging ayam, melainkan dari tulang-tulang ayam. Kalau sudah tersaji kalian pasti tidak akan menyangka kalau itu dibuat dari tulang punggung ayam muda. Kalian harus mencoba sate ini, dijamin kalau kalian akan ketagihan akan kriuk kriuk saat di gigit.

7. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi Gang Kelinci
Bakmi Gang Kelinci

Kuliner yang merupakan makanan rakyat atau masyarakat Indonesia, dari mana mana pasti semua suka, ya betul kuliner bakmi atau mie ayam. Ada warung bakmi yang sudah sangat terkenal di Jakarta, kalian juga pasti sudah tahu, yaitu Bakmi Gang Kelinci. Warung bakmi Gang Kelinci ini bisa dibilang bakmi legendaris, yg lebih hebatnya lagi sekarang sudah membuka 11 cabang di kawasan Ibukota Jakarta ini. Untuk rasa jangan di ragukan lagi, di jamin cocok untuk lidah masyarakat kita, untuk harga pun bisa dibilang sangat terjangkau untuk rasa yang dijamin enak.

8. Bubur Kwang Tung

Bubur Kwang Tung
Bubur Kwang Tung

Tujuan berikutnya adalah bagi pecinta bubur, bagi kalian yang mencari kuliner bubur disinilah tempat kalian untuk singgah, yaitu Kedai Bubur Kwang Tung yang berlokasi di Pecenongan Jakarta Pusat. Ciri khas dari Kedai ini adalah bubur seafood dengan campuran telur pitan dengan rasa yang beda dari yang lain, lalu ada kacang tanah, cakwe, telur asin.

9. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy
Roti Bakar Eddy

Kuliner berikutnya adalah kuliner ringan, cocok untuk kalian kalian yang ingin berkumpul dengan teman teman sambil ngemil, kalian bisa datang ke Warung Roti Bakar Eddy yang berada di kawasan Blok M. Terkenal dengan rasanya yang tidak pernah berubah dari tahun 1970 an, Roti Bakar Eddy ini bisa kalian nikmati dengan pilihan seperti roti bakar isi pisang, telur, keju, kornet dan lain lain. Untuk pilihan tersebut di Roti Bakar Eddy ini tidak akan memberikan isi yang sedikit untuk para langganannya yang datang, oleh sebab itu sampai sekarang ini Roti Bakar Eddy sudah mempunyai banyak sekali langganan setia.

10. Bebek Kaleyo

Bebek Kaleyo
Bebek Kaleyo

Berikutnya ada wisata kuliner yang menyajikan menu utama nya adalah bebek, nama dari wisata kuliner yang satu ini adalah Bebek Kaleyo. Sampai sekarang ini Bebek Kaleyo sudah memiliki cabang sebanyak 28 di tempat tempat berbeda. Dengan rasa yang dijamin lezat wajar saja kalau Bebek Kaleyo ini bisa membuka cabang sebanyak itu. Untuk menu yang bisa kalian cicipi di sini adalah bebek bakar, bebek goreng, dan bebek dengan sambal ijo. Kalau kalian mau datang mencicipi bisa datang langsung ke Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

11. Ayam goreng kalasan Ny. Winarsi

Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi
Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi

Dari Jakarta Pusat kalian bisa jalan lagi berwisata kuliner ke Jakarta Timur yaitu ke jalan Raya Jatinegara Timur untuk kalian mencicipi kuliner Ayam goreng kalasan Ny. Winarsi. Tentu saja menu andalan nya adalah ayam goreng kalasannya yang mempunyai rasa gurih, dan lembut. Teman makan ayam goreng kalasan ini bisa kalian pesan minuman dingin yaitu es cendol yang menyegarkan.

12. Joni Steak

Joni Steak
Joni Steak

Bagi kalian yang hobi makan makanan tanpa nasi, kalian bisa datang ke Joni Steak untuk menikmati daging sapi yang diolah menjadi kuliner lezat yaitu Steak. Selain Steak kalian juga bisa mencicipi makanan lain seperti Salmon Grill, spaghetti.

Semua destinasi wisata kuliner Jakarta yang sudah disebutkan di atas, bisa langsung kalian kunjungi dan merasakan apa yang sudah di bahas diatas.

Itulah rekomendasi wisata kuliner di Jabodetabek yang bisa kalian coba di masa pasca-pandemi, baca juga rekomendasi klub malam terbaik Jakarta yang mungkin di kunjungi, tapi saya perlu mengimbau untuk semua masyarakat agar selalu mengikuti program vaksinasi dan menjalani protokol kesehatan dari pemerintah. Selalu menjalani pro-kes 6 ( M ) yang meliputi Mencuci tangan, Menggunakan masker rangkap dua, Menghindari kerumunan, Menjaga jarak, Mengurangi mobilitas, dan terakhir Menghindari makan bersama. Selamat berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published.